Soto Kriyik Purbalingga | Paket Wisata Jawa Tengah | Paket Wisata Semarang | Karimunjawa | Rafting
Headlines News :

Home » , , » Soto Kriyik Purbalingga

Soto Kriyik Purbalingga



Indonesia memang sangat kaya akan keanekaragaman kuliner. Terdapat beberapa jenis kuliner yang sangat terkenal dan di antaranya adalah soto. hampir di tiap daerah di indonesia ada kuliner ini, tentunya dengan ciri khas masing. Pasti kita sudah mengenal soto lamongan yang asalnya adalah lamongan, di daerah banjar kalimanan ada soto banjar, dan kini kita akan ke purbalinggga untuk mencicipi soto khas daerah sini, yaitu soto kriyik. Jika sedang di Purbalingga, jangan lupa untuk mencicipi soto kriyik. soto ini paling enak disantap bersama pindang telur dan kepala ayam saat panas.

Soto kriyik sebenarnya tidak berbeda jauh dengan soto pada umumnya, tetapi yang membedakan soto ini adalah taburan kriyik di atasnya pada saat di sajikan. kriyik adalah tepung beras yang digoreng sangat garing sehingga sangat renyah. jadi kriyik ini di tabur saat soto akan di hidangkan.

Di daerah kota purbalingga kita akan denganmudah menemukan warung yang menyajikan kuliner khas ini, dan biasanya sebagai teman menyantap soto kriyik di sajikan kepala dan bagian-bagian badan ayam yang digoreng garing, kerupuk, Telur pindang dan lain-lain. salah satu warung yang terkenal dengan kuliner khas ini adalah Soto Kriyik Bu Karsini yang sudah buka cabang di Jl. MT Haryono Purbalingga dan Jl. Prof Dr. Suharso Purwokerto ini. jadi jangan sampai anda lewatkan saat sedang berada di purbalingga.

Biasanya ada 2 jenis soto yang ditawarkan, yaitu biasa atau komplet. Yang membedakan keduanya adalah telor pindangnya. seporsi harganya kira-kira Rp 9.000 untuk yang komplit. Pembeli juga bisa minta topping tambahan berupa kepala ayam. Kepala ayam ini pun digoreng sangat garing sehingga rasanya seperti makan kerupuk yang krispi. Saya lihat orang di sebelah saya sampai meminta 2 kepala ayam yang langsung diremukkan di atas kuah soto yang kemepul.

Sumber : duniakuliner.info
Share this article :
 
Copyright © 2003. Paradiso Tour - All Rights Reserved
Proudly powered by Jimny Nekat
Semarang : Jl. Kol. H.R. Hardijanto, RT. 01 RW. IV, Sekaran Gunungpati, Telp. (024) 86458302, 081901095344 / 081327965326
Banjarnegara : Jl. Raya Wanadadi – Punggelan KM.03 Badakarya, Telp. (0286)5985338 / 085 747 138 766
Batang : Pandansari, RT. 5/II No. 08 Warungasem. Telp. 0815 696 5059